FEB Universitas Tarumanegara Gandeng FPAR Universitas Udayana Jadi Tuan Rumah ICEBM Ke-11 Universitas Umum

JIMBARAN, TIM REDAKSI – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tarumanegra (Untar) bersama Fakultas Pariwisata (FPAR) Universitas Udayana sukses menggelar International Conference on Entrepreneurship and Business Management (ICEBM) Ke-11 pada Kamis, (24/11) kemarin. Pada gelaran ICEBM  tahun ini, FEB Universitas Tarumanegara menggandeng Fakultas Pariwisata Universitas Udayana sebagai tuan rumah.  Kegiatan rutin tahunan Program Studi Manajemen Universitas Tarumanagara (Untar)   dilaksanakan secara hybrid,  yakni di Aula A. Manuaba  Gedung HL Kampus Fakultas Pariwisata, Bukit Jimbaran dan secara daring via Zoom Meeting.

 


Kegiatan yang mengusung tema “Strengthening the Role of MSMEs to Support Tourism Industries in Post COVID-19 Pandemic” ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para akademisi, profesional, pengambil keputusan, dan praktisi dari berbagai bidang untuk mempresentasikan penelitian dan pandangan mereka, sambil berinteraksi dengan anggota di dalam dan di luar disiplin ilmu mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bentuk tindak lanjut dari MoU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar dengan Fakultas Pariwisata Unud. 


 


Rangkaian kegiatan diawali dengan penampilan tarian Sekar Jagat. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh perwakilan dari kedua universitas. Kemudian, dilanjutkan dengan acara inti yakni pemaparan materi dari keynote speaker  dari Head of School Hospitality, Tourism and Events Faculty of Social Sciences and Leisure Management, Taylor’s University, Malaysia yakni Assoc. Prof. Dr. Joaquim Dias Soeiro, Ph.D., CHE, CHIA. Pemaparan selanjutnya berupa plenary Season  oleh Chairman of Tourism Association Inodnesia, Dr. Ngadiman, S.H., S.E, M.Si serta pemaparan Chief Marketing Officer of Injourney, Ms. Maya Watono.


Rektor Universitas Tarumanegara, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng., ditemani oleh Ketua Tarumanegara Foundation, Prof. Dr. Ariawan Gunadi, SH.,M.H., dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar, Dr. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M., M.B.A.; serta sejumlah perwakilan dari Universitas Tarumanegara hadir secara langsung di Kampus Fakultas Pariwisata, Bukit Jimbaran.

 



Sementara itu, dari pihak Fakultas Pariwisata Universitas Udayana turut hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama & Informasi, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes.; Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Dr. I Nyoman Sukma Arida, M. Si.; Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Yayu Indrawati, M.Par., Ph.D.; Ketua Senat Fakultas Pariwisata I Putu Sudana, SST.Par., M.Par.; Koprodi Pariwisata, Gde Indra Bhaskara, M.Sc.,Ph.D.; Koprodi Magister Pariwisata, Dr. I Made Adikampana, S.T., M.T.; dan perwakilan dosen di lingkungan Fakultas Pariwisata Unud.

 

Sementara dari perwakilan universitas internasional, turut hadir Prof. Dr. Ismail Omar dari Universitas Geomatika Malaysia dan Dr. Linda Lin Chin Lin dari Universitas Kun Shan.  Acara diikuti oleh 389 peserta dari berbagai negara, seperti Taiwan, Malaysia, dan Amerika Serikat. 


Ketua Panita dari Fakultas Pariwisata Unud, Dian Pramita, S.S., M.Hum., menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan kepada Fakultas Pariwisata Unud sebagai tuan rumah ICEBM Ke-11.

“Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih karena Fakultas Pariwisata telah dipercaya menjadi co-host kegiatan ICEBM. Terlebih karena kegiatan ini bertaraf internasional sehingga dapat membantu memperkenalkan Fakultas Pariwisata Unud secara lebih luas”, ujarnya dalam wawancara kepada Tim Redaksi usai kegiatan.

Dian berharap kerjsama semacam ini dapat terus berlanjut. 

“Harapan saya, semoga kerjasama ini tidak hanya berhenti sampai disini, akan tetapi dapat terus melakukan kerjasama lebih lanjut”, imbuhnya. (Isaura/Selvian Nanggur)