Sambut Dies Natalis Ke-61 Universitas Udayana, Fakultas Pariwisata Gelar Kuliah Umum Bahas Spiritualitas Dalam Pariwisata Bali Universitas Umum

JIMBARAN, Tim Redaksi. Menyambut Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana, Fakultas Pariwisata Universitas Udayana menggelar kegiatan Kuliah Kmum pada Selasa (05/09), bertempat di Aula Adnyana Manuaba Lt. IV Mahawidya,  Kampus Fakultas Pariwisata Bukit Jimbaran.

Tema Kuliah Umum tahun ini terbilang spesial, yakni “ Menemukan Spiritualitas dalam Pariwisata Bali”, dan menghadirkan narasumber yang kompeten yakni dr. I Wayan Mustika, S.Ked., seorang praktisi wellness dan penulis buku-buku bertema spiritual. Beberapa buku beliau diantaranya: Tuhan Segala Agama, Rahasiamu Rahasiaku dan lainnya

Kegiatan diawali  dengan sambutan Wakil  Dekan I Fakultas Pariwisata  Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si sekaligus membuka acara secara resmiAdapun peserta Kuliah Umum merupakan para mahasiswa baru Fakultas Pariwisata tahun 2023 yang hadir secara luring dan daring (hybrid) untuk menjelajahi pariwisata Bali dari sudut pandang yang lebih dalam, menggali makna spiritual dan warisan budaya yang menjadi esensi utamanya. Selain para mahasiswa, Kuliah Umum ini dihadiri pula oleh jajaran dekanat, para dosen dan pegawai.


Menurut Mustika, dalam era yang kian berkembang ini, kegiatan pariwisata tidak lagi hanya sekadar perjalanan fisik semata, tetapi juga merupakan perjalanan jiwa. Untuk itu setiap insan pariwisata mesti mawas diri dan tidak terlena oleh bentuk-bentuk pariwisata yang bersifat hedeonestik yang pada akhirnya mengikis jati diri pariwisata Bali. Penggalian mendalam ke dalam aspek-aspek spiritual yang tak terlihat, menjadikan pulau Bali sebagai destinasi yang istimewa.

Di dalam kuliah umum ini, peserta diajak menelusuri jauh lebih dalam ke dalam keindahan budaya dan alam Bali, merenungkan nilai-nilai spiritual yang tersembunyi di balik setiap lanskap yang mempesona.

Moderator Kuliah Umum, Putu Ratih Pertiwi, M.Par., M.Rech., Ph.D menyampaikan bahwa pariwisata Bali berasal dari perspektif yang lebih dalam - sebuah tempat yang sarat dengan spiritualitas dan warisan budaya.

Kuliah umum ini adalah upaya konkret Fakultas Pariwisata UNUD untuk mendukung pariwisata berkelanjutan dan menginspirasi wisatawan untuk memiliki pengalaman yang lebih bermakna saat mengunjungi Bali. Diharapkan, pemahaman yang lebih dalam tentang aspek spiritualitas pulau ini akan membantu para wisatawan menghargai keindahan alam dan kekayaan budaya Bali dengan lebih mendalam. Kuliah umum ini menciptakan kesempatan luar biasa bagi peserta untuk merenung, belajar, dan menggali kekayaan spiritual yang menghiasi setiap sudut pulau Bali bahkan seluruh Indonesia, dan merupakan langkah penting menuju pariwisata yang lebih berkelanjutan.